Kamis, 19 Desember 2013

Pertumbuhan Penduduk

Teori Kependudukan
Teori Malthus (Thomas Robert Malthus)
Orang yang pertama-tama mengemukakan teori mengenai penduduk adalah Thomas Robert Malthus yang hidup pada tahun 1776 – 1824. Kemudian timbul bermacam-macam pandangan sebagai perbaikan teori Malthus. Dalam edisi pertamanya Essay on Population tahun 1798 Malthus mengemukakan dua pokok pendapatnya yaitu :
  • Bahan makanan adalah penting untuk kehidupan manusia
  • Nafsu manusia tak dapat ditahan.
Malthus juga mengatakan bahwa pertumbuhan penduduk jauh lebih cepat dari bahan makanan. Akibatnya pada suatu saat akan terjadi perbedaan yang besar antara penduduk dan kebutuhan hidup.
faktor-faktor penyebab pertumbuhan penduduk.
Fertilitas,Mortalitas,dan Migrasi.

Fertilitas (kelahiran).
fertilitas atau kelahiran adalah alasan penting penyebab meningkatnya jumlah pertumbuhan penduduk di suatu negara.hal ini di sebabkan banyaknya masyarakat yang tidak perduli dengan jumlah kelahiran dalam keluarga mereka.Di Indonesia berkembang paham "Banyak Anak Banyak Rejeki".padahal jika di kaji lebih bijak,kelahiran seorang anak harus dibarengi dengan persiapan mental dan finansial orang tuanya,seperti contoh,sebelum seorang anak lahir,seharusnya orang tuanya sudah memikirkan masa depan anak tersebut.

Mortalitas (kematian).
kematian juga mempengaruhi tingkat pertumbuhan penduduk.seperti contoh suatu negara memiliki tingkat kelahiran yang tinggi,namun pada suatu waktu negara tersebut mengalami wabah penyakit yang menyebabkan separuh dari penduduk negara itu meninggal,maka itu akan sangat berpengaruh pada tingkat pertumbuhan penduduk.

Migrasi (perpindahan).
manusia adalah makhluk hidup yang dapat berjalan dan berpindah tempat,maka dari itu,manusia dapat berpindah ketempat yang di sukai dan lebih nyaman untuk di tinggali,seperti contoh,suatu daerah dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi namun daerah itu sering sekali terkena bencana alam,maka lambat laun daerah itu akan di tinggalkan oleh penduduknya karna mereka mencari tempat yang lebih aman dan nyaman untuk di huni,maka dari itu migrasi mempengaruhi tingkat pertumbuhan penduduk.

hal-hal negatif adanya pertumbuhan penduduk.

-pengangguran.

semakin meningkatnya jumlah penduduk yang tidak di barengi dengan meningkatnya jumlah lapangan kerja,mengakibatkan meningkat pula jumlah pengangguran.pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan di sebabkan oleh kurangnya skill/kemampuan,rendahnya pendidikan dll.

-urbanisasi.

urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota,hal ini wajar dan sering di temui di negara-negara berkembang yang tingkat perekonomiannya berpusat di ibu kota.urbanisasi di sebabkan banyak hal,yaitu gagalnya otonomi daerah,pemahaman masyarakat desa bahwa mereka dapat hidup layak dan mendapat pekerjaan di kota besar dengan skill yang rendah.
nyatanya,200ribu orang berpindah ke jakarta taip tahunnya dan menyebabkan meningkatnya masalah sosial dan tercemarnya lingkungan.

-persebaran penduduk yang tidak merata.

pertumbuhan penduduk di suatu daerah akan menyebabkan persebaran penduduk yang tidak merata,contohnya persebaran penduduk di Indonesia yang berpusat di pulau jawa,hal ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi di pulau jawa lebih pesat di bandingkan daerah-daerah lain di indonesia,dan lambat laun hal ini dapat memicu masalah sosial dan kesenjangan antar daerah.

-tingginya angka kematian.

Setiap ada kelahiran pasti ada kematian,semua yang hidup pasti mati.di banyak negara berkembang seperti indonesia tingkat kelahiran yang tinggi tidak di barengi dengan angka harapan hidup yang tinggi juga,angka harapan hidup di indonesia sangat rendah yaitu 55-70 tahun.hal ini di sebabkan kurangnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebersihan.

-tingkat kemiskinan.

di atas telah di sebutkan bahwa tingkat kelahiran di indonesia sangat tinggi dan lapangan pekerjaan semakin kecil,,coba kita bayangkan bagaimana bila ada sebuah keluarga dengan 2 orang tua dan 4 anak,,sedangkan sang ayah menganggur karna tidak punya pekerjaan.pendapatan ibunya hanya mampu menyekolahkan 2 anak saja otomatis keluarga itu pasti masuk ke dalam keluarga miskin dan hidupnya tidak terjamin.

-kesehatan & pendidikan yang tidak layak.

karna kurangnya kesadaran orang tua mempersiapkan masa depan anaknya maka masalah kesehatan dan pendidikan anak tersebut otomatis terabaikan.
di indonesia saat ini masih banyak anak yang hanya bisa menikmati bangku sekolah dasar,dan sedikit sekali yang bisa merasakan perguruan tinggi.

meskipun banyak sekali hal-hal negatif yang di timbulkan karna masalah pertumbuhan penduduk,,kita juga harus melihat sisi positifnya,

hal-hal positif adanya pertumbuhan penduduk.

-pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

menurut pendapat beberapa ahli,,meningkatnya pertumbuhan penduduk akan di barengi dengan menigkatnya akses perdagangan dan meningkat pula pertumbuhan ekonomi di suatu daerah,,seperti contoh pulau jawa yang berkembang lebih pesat di bandingkan daerah lain,,karna penduduknya yang padat

-berlimpahnya tenaga kerja

di Indonesia berlimpah sekali tenaga kerja,namun sangat di sayangkan banyaknya tenaga kerja tidak di barengi dengan dumber daya manusia yang profesional atau bisa di bilang skill mereka rendah,hal ini pun akhirnya menyebabkan banyak pengangguran.

-Prestasi Indonesia.

dengan jumlah penduduk yang berlimpah,indonesia sangat berpotensi memiliki pemuda-pemudi yang dapat mengharumkan nama baik indonesia di ajang internasional.

upaya untuk menekan jumlah penduduk.


dari sekian banyak hal yang telah kita bahas,dapat kita tarik benang merah dari masalah pertumbuhan penduduk di indonesia,,terlalu banyak hal negatif yang di timbulkan dari pada positifnya,hal ini pun telah di sadari oleh pemerintah indonesia.
pemerintah indonesia telah berupaya untuk menekan jumlah penduduk,dengan cara membuat program "Keluarga Berencana" .yang di maksudkan agar setiap keluarga hanya memiliki 2 orang anak saja.pemerintah juga melakukan penyuluham-penyuluhan di setiap sekolah menengah untuk menghindari pernikahan dini.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat menarik, terimakasih sudah sharing, silakan kunjungi juga web kami Visit Us

    BalasHapus